Cara Mudah dan Praktis Mengobati Batuk

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Mengapa kita semua batuk?
Batuk merupakan penyakit yang bisa terjadi karena adanya rangsangan tertentu. Batuk ialah cara tubuh untuk membersihkan kotoran, lendir dari paru-paru dan saluran pernafasan bagian atas sebagai reaksi atas saluran pernafasan yang terganggu dan gatal di bagian tenggorokan. Sebaliknya batuk juga bisa sekedar membersihkan tenggorokan dari debu, makanan, asap dan lain-lainnya.

Jenis-jenis Batuk yaitu :

1. Batuk dimalam hari disertai lendir dan berakhir dengan suara serak
    Dimana memungkinkan hal ini disebabkan oleh asma sehingga anda perlu bertemu dengan dokter untuk mendapatkan resept obat yang dapat dihirup untuk mengontrol asma anda.
2. Batuk setelah meminum obat
    Tidak banyak orang terkena batuk setelah meminum obat, sekitar 4-10 orang yang mengambil obat sejenis inhibitor ACE, mengalami efek samping seperti batuk kering. Konsultasikan ini kepada dokter anda apakah ada obat lain yang tidak memiliki efek samping yang menyebabkan anda batuk.
3. Batuk kering disertai sesak napas
    Kemungkinan besar penyebabnya adalah penyakit paru-paru kronis, yaitu suatu kondisi yang meliputi bronkitis kronis dan emfisema yang biasanya disebabkan oleh banyaknya merokok. Sayangnya belum ada obat untuk mengatasi penyakit ini, tapi gejalanya dapat diobati. Karena itu, segera periksakan kondisi anda ke dokter terdekat diwilayah anda sebelum gejala ini semakin parah dan tidak bisa diobati lagi. Solusi yang tepatnya hentikan kebiasaan yang buruk, yaitu merokok.
4. Penyakit batuk pada anak
    Batuk lama pada anak dibawah 5 tahun kemungkinan bisa lebih luas. Pada anak dibawah umur 1tahun harus dipikirkan adanya kelainan bawaan dari lahir berupa kelainan jantung misalnya jantung mulai bocor. Biasanya gejala ini cepat lelah, warna biru pada bibir dan jari-jari anda, serta adanya gangguan tumbuh kembang si balita itu sendiri.
5. Penyakit batuk rejan
    Penyakit ini lebih dikenal dengan penyakit batuk selama 100hari salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak yang bersambung terus menerus dan sangat hebat hingga mengeluarkan air mata serta terasa mau muntah. Pemakaian obat-obatan ini harus konsultasikan pada dokter spesialis. Minum air putih hangat mampu meredakan sementara waktu dan membantu mengeluarkan lendir. Salah satu penyebabnya akibat adanya aliran balik asam lambung saat muntah. Karena reflek menelan belum sangat sempurna menyebabkan cairan lambung ini yang mengandung banyak asam mengiritasi saluran pernafasan atau tenggorokan yang dapat menimbulkan penyakit batuk.
Penyebab batuk umumnya disebabkan oleh infeksi di saluran pernafasan kita pada bagian atas yang merupakan gejala influenza (Solusi, penyebab dan pengobatan sakit influenza). infeksi bagian pernafasan bagian atas atau disebut ISPA ini disebabkan oleh :
1. Alergi
2. Asma atau tuberculosis
3. Tersedak akibat minum susu
4. Menghirup asap rokok dari orang-orang yang merokok aktif
5. Benda asing yang masuk kedalam saluran pernafasan anda

Tips Mengatasi Batuk
Beberapa tips ini dapat anda gunakan bila batuk menyerang diantaranya yaitu dengan melakukan tips-tips dari kami langsung saja berikut ini :
1. Kurangi makan-makanan yang manis
    Saat anda batuk, kurangilah makan-makanan yang manis, itu dapat dipercaya memicu terjadinya batuk. Hindari saja makanan atau minuman seperti Permen, Coklat, minuman yang manis-manis lainnya dan masih banyak lagi
2. Pakailah masker ketika anda keluar rumah
    Pakai masker ini dapat mengurangi resiko gangguan pada saluran pernafasan yang diakibatkan oleh polusi udara di sekitar anda. Selalu pakai masker bila anda berkendara kemana saja.
3. Perbanyaklah minum air putih.
    Mengapa kita harus memperbanyak meminum air putih? Karena seperti kita ketahui sebelumnya, air putih ini memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita salah satunya dapat menjaga tubuh kita termasuk menjaga kebersihan tenggorokan.
4. Bila keluar dari rumah pakailah Jaket
    Saat anda keluar rumah terutama di cuaca sedang dingin, tujuannya batuk berkurang agar tubuh tetap hangat. Kita juga bisa mandi dengan air hangat, makan yang hangat tetapi jangan yang berminyak untuk menghindari batuk berlebih, minum air putih atau teh hangat.
5. Gunakanlah minyak yang menghangatkan tubuh seperti minyak gosok kayu putih
    Minyak ini dapat menghangatkan bagian-bagian tubuh anda. Dapat di pakai di bagian dada, leher, dan hidung yang dapat meredakan sedikit batuk dan influenza anda.
Cara mengobatinya dengan cara tradisional, langsung saja berikut ini :
1. Jeruk Nipis
    Jeruk nipis ini banyak sekali khasiatnya dalam menyingkirkan batuk. namun ada pula beberapa batuk yang disebabkan oleh bakteri atau virus seperti influenza atau virus lainnya. Untuk mengobatinya bisa gunakan dengan campuran beberapa perasan jeruk nipis dengan sesendok kecap manis. Bagi anda yang tidak suka kecap, perasan ini dapat dicampur dengan madu lebih baik. Minum air jeruk nipis ditambah dengan kecap atau madu setidaknya 2kali sehari. Cara ini sudah bukan rahasia lagi untuk kemanjurannya bisa juga 1buah jeruk nipis diberi kapur sirih dan gula secukupnya.
2. Daun Sirih
    Daun ini dapat menyembuhkan batuk berdahak, karena daun ini memiliki mobilitas yang tinggi. Untuk mencegah batuk anda semakin parah agar anda bisa menjalani keseharian sebagaimana mestinya anda lakukan. Caranya rebus beberapa daun sirih secukupnya dengan beberapa irisan jahe. Minum air rebusan daun sirih dengan jahe tadi agar tubuh tetap sehat dan hangat.
3. Belimbing wuluh atau belimbing kecil
    Belimbing ini rasanya sangat asam dan sering digunakan salah saatu bahan utama sayur asam. Namum meskipun rasanya yang asam belimbing ini juga ampuh dapat mengobati batuk anda. Caranya, bersihkan 10-15 belimbing lalu parut hingga halus. Masukkan parutan tersebut dalam gelar air tambah sedikit garam. Saring dan buang ampasnya, minumlah hasil saringan yang tadi sebanyak 2x sehari tiap pagi dan sore saja.
4. Jahe Merah
    Jahe ini bisa digunakan untuk memberantas atau mengobati batuk kering, batuk kering biasanya tidak berdahak atau tidak berlendir. Jahe yang berwarna merah tersebut lebih banyak khasiatnya ketimbang jahe biasa jadi jangan salah ya kawan-kawan. Caranya jahe merah tersebut dikupas hingga bersih, kunyah langsung jahe tersebut dan telan airnya.
5. Kencur
    Kencur tanaman tradisional ini dapat manjur dalam mengobati batuk, apa bila dipadukan dengan jahe. Caranya, parut kedua bahan tersebut hingga halus lalu campur hingga merata, rebus campuran tadi pada air mendidih. Lalu saring airnya saja minumlah hasil rebusan tadi selagi hangat setidaknya 2x dalam sehari saja.
Demikian beberapa tips-tips dari saya dan beberapa cara mengobatinya. Jangan lupa lebih baik mencegah daripada mengobati, semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Cara Mudah dan Praktis Mengobati Batuk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid Boot

0 komentar: