Cara Ampuh Menyembuhkan Influenza atau Pilek

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat datang di blog pendidikan, dan kesehatan. Saya akan membahas tentang bagaimana cara mengobati sakit influenza atau pilek. Pilek yaitu gejala infeksi ringan pada hidung, tenggorokan, dan saluran pernafasan bagian atas akibat dari serangan virus. Pilek bisa juga dialami siapa saja, mulai dari balita hingga lanjut usia. Virus penyebab pilek biasanya berlangsung 2-4hari. Waktu yang diperlukan oleh virus menimbulkan gejala setelah menginfeksi tubuh. Kebanyakan penderita ini munculnya gejala-gejala pilek dan sangat mengganggu sampai 3 hari kemunculannya.

Gejala-gejala awal dari munculnya pilek atau influenza ini disertai dengan :
1. Sering bersin
2. Batuk-batuk
3. Tersumbatnya pernafasan
4. Tidak enak badan atau masuk angin
5. Suara bindeng

Balita sampai anak-anak yang rentan sekali terkena pilek dibandingkan orang dewasa sampai lanjut usia. Anak-anak yang bisa mengalami influenza ini sebanyak 9-13 kali dalam setahun, sedangkan orang dewasa sampai lanjut usai sebanyak 2-4kali saja setiap tahunnya.
Gejala tadi merupakan gejala yang utama dalam influenza atau pilek. Selain itu ada gejala lagi tapi yang jarang menyertai influenza ini diantaranya yaitu :
1. Sakit Kepala
2. Demam atau menggigil di badan
3. Tenggorokan gatal
4. Nyeri Otot
5. Badan terasa lelah
6. Hilangnya nafsu makan kita

Penyebab dari pilek yaitu virus yang bernama Human rhinovirus (HRV) virus yang paling banyak menyebabkan gejala influenza atau pilek ini. Selain virus itu, penyakit pilek atau influenza ini disebabkan oleh virus yang bernama coronavirus, adenovirus, human parainfluenza virus (HPIV), dan respiratory syncytial virus (RSV). Virus masuk ketubuh manusia melalui hidung, mulut, atau bahkan mata dapat menimbulkan gejala. Masuknya virus bisa terjadi ketika tanpa disengaja terhirup percikan liur penderita pilek di udara yang dikeluarkan melalui bersin atau batuk seseorang. Selain ini, virus juga bisa masuk ketika seseorang memegang badan penderita pilek atau permukaan benda yang terkontaminasi percikan liur yang mengandung virus influenza itu sendiri, mulut atau mata sendiri.

Berikut resiko yang dapat meningkatkan resiko pilek atau influenza :

1. Berada ditengah keramaian orang misalkan dipasar, sekolah, kantor, kendaraan umum, ataupun tempat umum lainnya yang berada di lingkup keramaian manusia
2. Memiliki kekebalan tubuh yang amat sangat rendah
3. Memiliki penyakit kronis
4. Usia balita sampai anak-anak
5. Merokok dan udara dingin

Cara mengobati pilek dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan serat dan rendah lemak, serta minum banyak air putih untuk mengganti cairan yang hilang dari tubuh akibat hidung yang menerus mengeluarkan ingus atau badan yang sering berkeringat. Sedangkan meredakan gejala influenza ada beberapa cara bisa dilakukan diantaranya yaitu :
1. Mengkonsumsi permen yang terkandung dalamnya yaitu menthol dan berkumur dengan air garam. Kedua cara ini dapat membantu meredakan gejala hidung tersumbat serta nyeri dalam tenggorokan kita.
2. Meneteskan lauran garam ke dalam hidung. Cara ini dapat meredakan gejala influenza atau pilek serta hidung tersumbat dan melancarkan pernapasan, terutama pada bayi dan anak-anak.
3.Mengkonsumsi zinc dan vitamin C. Cara ini menurunkan tingkat keparahan gejala dan mempercepat penyembuhan pilek apabila langsung diterapkan ketika gejala pilek.
4. Mengoleskan balsem ke hidung. Cara ini dapat meringankan gejala pilek, terutama pada bayi dan balita. Usapkan balsem pada punggung atau dada, dan jangan sampai masuk ke lubang hidung karena selain terasa pedih dan juga menggangu saluran pernafasan kita sendiri.

Berikut ramuan-ramuan herbal untuk meredakan gejala influenza atau flu (Pilek).
1. Sediakan jeruk nipis, 2sendok teh minyak kayu putih serta 1sendok makan air kapur sirih. Caranya yaitu jeruk nipis diiris terlebih dahulu lalu peras hingga diambil airnya saja, kemudian ketiga bahan itu dicampur menjadi satu. Aduk hingga merata, gosokkan pada bagian dada, punggung maupun leher. Sebaiknya digunakan 1hari 2kali saja.
2. Sediakan 30butir biji pepaya, 1jari lempuyang wangi, 2jari kulit kina, air hangat atau dingin 1gelas saja, 3sendok makan madu dan 2sendok makan air jeruk nipis. Caranya gampang sekali yaitu ketiga bahan terlebih dahulu dicuci sampai bersih. Kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah halus, campurkanlah dengan air jeruk nipis ditambahkan air matang. Diaduk merata lalu campurkan tersebut diperas untuk diambil airnya. Dikonsumsi 1hari 3kali, masing-masing 1/2gelas untuk sekali minum.
3. Siapkan atau sediakan daun kaki kuda sebanyak satu genggam saja dan garam sedikit saja. Caranya daun kaki kuda dicuci sampai bersih. Setelah itu, daun kaki kuda ditumbuk, lalu diperas untuk diambil airnya. Kemudian masukkan sedikit garam kedalam air perasan. Aduk hingga rata setelah itu langsung dikonsumsi secara 1hari sekali saja.
4. Bahannya yaitu Jahe 10gram, Bawang Merah 10gram, Bawang Putih 10gram serta air panas secukupnya. Cara membuatnya yaitu ketiga bahan dibersihkan. Lalu ketiga bahan tersebut dipotong, diseduh air panas selama 15menit saja dalam wadah tertutup. Kemudian airnya dapat diminum serta bawang merah maupun bawang putihnya dapat dimakan. Jahenya dibuang lakukan 1hari 2x saja.

Sekian dari saya, semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua. Terimakasih
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Cara Ampuh Menyembuhkan Influenza atau Pilek Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid Boot

0 komentar: