Cara Jitu Agar Baterai Smartphone Android Awet

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Cara Jitu Supaya Baterai Android Awet - Pengguna smartphone khususnya android yang sering sekali mengeluh smartphone milik mereka sangat boros, walaupun sudah didukung kapasitas baterai yang lumayan besar. Tapi banyak sekali hal yang mempengaruhi borosnya baterai android dan salah satunya aplikasi yang berjalan pada sistem yang membuat hardware android harus bekerja keras memenuhi kebutuhan daya prosesnya. Dan masih banyak sekali faktor lain seperti akses internet anda, resolusi atau keterangan layar yang mampu menyedot daya baterai dengan cepat.

Baca Juga : Xiaomi Rilis Smartphone 4G pertama di Indonesia

Solusi utama untuk dapat smartphone android yang awet yaitu dengan membeli smartphone dengan baterai berkapasitas cukup besar. Tapi rata-rata hp android dengan baterai kapasitas besar akan dibanderol cukup mahal. Namun banyak kok solusinya tenang saja, bagi kamu yang memiliki smartphone android dengan baterai lumayan kecil, sobat bisa simak tips dari admin dibawah ini

Cara Supaya Baterai Android Awet

1. Jangan Memakai Walpaper Bergerak

Wallpaper bergerak memang cantik untuk tampilan smartphone android yang anda miliki. Namun wallpapaer ini akan menyedot baterai yang lumayan cepat, sehingga daya tahan baterai anda akan bekurang. Agar baterai smartphone android anda awet, lebih baik sobat menggunakan wallpaper standar saja dan lebih baik mengurangi pemakaian widget tidak penting agar konsumsi daya baterai semakin rendah, dan dapat dialih fungsikan untuk kebutuhan media lainnya.

2. Turunkan Kecerahan Layar

Mengatur kecerahan layar sangat efektif untuk menghambat daya baterai smartphone android anda. Semakin terang layar, maka semakin besar pengurangan baterai sobat yang disedot. Terlebih bila layar tersebut memiliki resolusi FHD dan QHD. Saran admin sendiri agar baterai android sobat awet dan tidak mudah habis, anda harus mengubah kecerahan layar dari otomatis menjadi manual. Selain itu, atur pula waktu tampil layar atau sleep dalam hitungan detk saja. Caranya cukup mudah sekali, anda masuk saja pengaturan pilih menu display atau tampilan.

3. Tutup Aplikasi yang Tidak Sobat Pakai

Supaya baterai smartphone sobat tetap awet dan tidak boros baterai yaitu dengan mematikan aplikasi yang tidak sobat pakai pada background processor. Caranya cukup mudah kok sobat, tinggal anda masuk menu
Baca juga : Rumor Xiaomi Mi5c Rilis 2017
setting lalu pilih apps. Selanjutnya ke running dan tinggal pilih saja mana aplikasi yang tidak terpakai oleh anda. Rata-rata pasti aplikasi yang menguras daya baterai sangat besar adalah aplikasi sosial media dan media chatting, jadi lebih baik jika tidak dipakai sobat matikan saja aplikasi tersebut.

4. Pakai Aplikasi Penghemat Baterai

Cara termudah agar baterai smartphone android sobat awet dan tidak mudah boros dengan memakai aplikasi penghemat daya baterai. Namun menurut admin tidak ada aplikasi yang bisa menghemat baterai secara otomatis. Karena rata-rata hanya memantau baterai saja dan memberikan beberapa profil dengan tujuan agar baterai smartphone anda bisa hidup lebih lama. Ada banyak sekali aplikasi yang bisa menjadi recommen untuk anda yang ingin memakai aplikasi penghemat baterai ini seperti, DU Battery Saver, Snapdragon BatteryGuru, dan masih banyak aplikasi penghemat baterai lainnya.

5. Kebutuhan Data Internet anda

Jangan berlama-lama bila mengakses internet pada jaringan H+ atau 4G LTE apalagi anda ingin baterai smartphone anda tetap awet dan tidak cepat hausnya. Apabila sobat hanya browsing ataupun bermain game online, sobat juga bisa memilih matikan jaringan seluler disaat berada pada area Wi-Fi dan jangan lupa mematikan jaringan Wi-Fi disaat berpergian agar tidak mencari sinyal secara otomatis, yang membuat baterai semakin berkurang.

6. Mematikan Smartphone saat Mengisi Daya

Sering kita tidak mau ketinggalan update-update sosial media miliki kita sehingga budaya mencolok smartphone ke charger sambil menggunakannya. Sudah sering sekali terlihat dimana-mana, kebanyakan dari mereka ingin smartphonenya selalu terisi full setiap saat bahkan saat sudah 100% pun kita masih saja mencolok ke charger. Padahal baterai yang berjenis Li-Ion punya sistem internail circiut yang secara otomatis menghentikan pengisian bila sudah penuh. Alhasil smartphone anda menjadi panas, bila anda memakai smartphone sedang di charger. Menurut admin sendiri biarkan saja mengisi daya dengan sendirinya dan jangan di mainkan sebelum smartphone anda benar-benar penuh 100%.

7. Matikan Smartphone bila Tidak di Pakai

Ada baiknya smartphone yang anda miliki sekarang misalkan tidak diperlukan, sebaiknya dimatikan saja seperti anda sedang sibuk dengan pekerjaan. Hal ini  akan membuat baterai lebih awet karena tidak termakan oleh pencarian sinyal. Teknik ini sangat sederhana sekali namun para pengguna smartphone kebanyakan seringkali lupa melakukan cara ini.

Baca juga : Xiaomi akan merilis smartphone terbaru yaitu Xiaomi Redmi Note 4x

8. Tidak Menelpon Saat Baterai di Charger

Pernahkan sobat mendengar insiden smartphone terbakar atau meledak sekalipun? Hal ini memang sempat terjadi dibeberapa negara belakangan ini. Jika anda melakukan panggilan saat smartphone posisi di charging, baterai akan panas lebih cepat dan bukan tidak mungkin smartphone anda bisa saja rusak dan meledak pada waktu bersamaan. Think Smart Guys.

9. Pilih Ringtone atau Getar saja

Notifikasi yang berlebihan biasanya bisa membuat baterai smartphone sobat tidak awet. Gunakalanlah salah satu antara ringtone atau getar saja agar kerja baterai tidak 2kali. Lebih baik memilih notifikasi berupa ringtone karena getar biasanya memakan daya baterai yang lebih boros. Bila sedang meeting atau sibuk dengan pekerjaan, gunakanlah fitur silent pada smartphone sobat.

10. Jangan Sampai Smartphone anda Terlalu Panas

Suhu smartphone yang semakin naik akan semakin memakan daya baterai anda. Untuk itu baterai jadi cepat haus atau habis. Agar awet, saat charging smartphone anda lepaslah casing pelindung smartphone bila menggunakannya. Casing yang berbahan silicon biasanya membuat smartphone anda mudah panas dan panasnya terperangkap di cassing dan bisa jadi cepat rusak. Selain itu, jangan biarkan smartphone anda terpapar sinar matahari terlalu lama. Karena sinar matahari akan membuat smartphone anda panas bisa membuat baterai tidak awet. Jangan pula sering mengantongi smartphone bila celana anda berbahan jeans atau levis.

Baca Juga : Sang Legenda Telah kembali Nokia akan merilis seri C1 spesifikasi dan harga klik langsung saja.

Nah itulah 10 macam tips-tips cara jitu supaya smartphone android anda memiliki baterai awet dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lebih lama lagi. Silahkan sobat aplikasikan sendiri saran dari admin, dan simak juga informasi mengenai "Xiaomi Akan Rilis Redmi 3s Prime dengan Garansi Resmi Indonesia di Acara Bertajuk #kaMIbuatanIndonesia itu". Sekian informasi dari admin dan Terimakasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Cara Jitu Agar Baterai Smartphone Android Awet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid Boot

0 komentar: