Tips Ampuh Mengatasi Susah Tidur

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Insomnia adalah dimana seseorang yang mengalami gangguan tidur hanya karena badan dan otaknya justru dalam kondisi yang lelah, sering timbuh bersamaan dengan gangguan emosional seperti rasa cemas yang berlebihan, gelisah, depresi, maupun ketakutan. Agar anda bisa tertidur dengan nyenyak dimalam harinya, anda perlu memperhatikan faktor yang bisa menunjang kenyamanan saat tidur anda. Misalkan, ditempat tidur yang harusnya nyaman, bila ngantuk langsung berbaring ditempat tidur, Jika tidak ngantuk beranjaklah dari tempat tidur anda dan melakukan kegiatan ringan. Biasanya anda mulai lelah dan akan mengantuk. Jangan dibiasakan tidur siang kalaupun anda tidak bisa menghindari jangan lebih dari satu jam tidur siang. Penyebab Insomnia atau susah tidur juga banyak sekali, penting bagi anda untuk mengetahui penyebab-penyebab penyakit ini, apalagi jika anda saat ini sedang mengalami masalah insomnia, karena dengan mengetahui sebab-sebabnya dapat membuat penanganan masalah insomnia bisa cepat-cepat diatasi.

Penyebab Insomnia atau Susah Tidur :

1. Depresi
    Depresi sering sekali terjadi pada semua orang tetapi tidak semuanya. Dan depresi ini disebabkan oleh berbagai macam halnya, misalkan masalah keluarga, ekonomi, persahabatan, pekerjaan, maupun percintaan sekalipun. Depresi ini bisa saja mengakibatkan berbagai macam hal penyakit, yang nantinya bisa menimbulkan penyakit kejiawaan atau kegilaan. Mengobatinya bisa dengan ramuan alami yaitu madu, Depresi ini juga di anggap bisa menjadi faktor penyebab penyakit insomnia atau susah tidur pada seseorang yang menderitanya. Maka dari itu, jagalah diri anda baik-baik agar tidak mudah depresi.

2. Kecemasan
    Kecemasan pada diri kita juga dapat memicu timbulnya masalah atau penyakit insomnia ini, biasanya gangguan tidur yang diakibatkan faktor dari kecemasan seseorang sering dialami sebagian besar orang dewasa pada umumnya. Gejala kecemasan dapat memicu timbulnya insomnia tersebut ialah, merasa kewalahan dengan tanggung jawab, berlebihan khawatirkan masa depan, terperangkap kenangan masa lalu, trauma kejadian yang terjadi di masalampau, takut kegelepan dan masih banyak lagi. Kecemasan merupakan siklus dimana dapat mempengaruhi satu sama lain, di lain sisi kita susah tidur karena merasa cemas, disatu sisi lainnya juga insomnia yang anda alami akan malah menimbulkan rasa cemas dan panik.

3. Pola Makan
    Pola makan yang terjadi terkadang buruk dan jenis makanan tertentu ikut ambil bagian dalam penyakit insomnia ini. Jika anda susah tidur, maka pantau makanan apa saja yang anda konsumsi dapat solusi terbaiknya. Beberapa Jenis makanan yang dapat menyebabkan insomnia : 
  •  Nikotin. Nikotin ini merupakan salah satu zat stimulan, menurut penelitian nikotin cenderung menimbulkan efek samping yaitu sesak nafas membuat tubuh terasa tidak nyaman dalam waktu beberapa jam. Efek ini lah yang membuat orang-orang susah untuk tidur
  • Kafein. Kafein merupakan stimulan yang pastinya dapat membuat orang yang konsumsi kafein ini tidak mengantuk selama berjam-jam. Kebanyakan orang konsumsi kafein biasanya dipagi hari, untuk membantu kita memulai hari dan lebih produktif lagi. Sebagian orang sebenarnya baik-baik saja mengkonsumsi ini asal takarannya sesuai dan tidak berlebihan. Orang yang mengkonsumsi kafein lebih dari 4 gelas perhari cenderung merasakan insomnia pada malam harinya.
  • Alkohol. Termasuk dalam obat penenang, biasanya efek yang ditimbulkan hanya diawal saja dan tidak benar-benar membuat anda tertidur, biasanya setelah beberapa jam efek alkohol menghilang, anda cenderung tidak bisa atau susah untuk tidur kembali.
4. Insomnia dan Otak
    Banyak sekali faktor yang mengaitkan insomnia dan otak, insomnia mungkin disebabkan oleh neurotransmitter tertentu dalam otak kita yang berkaitan dengan aktifitas tidur. Ada banyak sekali kemungkinan reaksi yang terjadi pada otak kita sehingga membuat penderitanya mengalami insomnia, bahkan beberapa kasus sering ditemukan pasien yang telah mengalami insomnia selama bertahun-tahun lamanya tanpa diketahui sebab dan akibatnya. 

5. Gaya Hidup
    Gaya hidup yang tidak sehati biasanya pasti menjadi buruknya pola tidur dan kebiasaan kita yang lain dapat mengganggu pola tidur berpeluang tinggi terhadap timbulnya masalah insomnia ini. Buruknya pola tidur dan kebiasaan yang dapat menggangu pola tidur anda yang dapat menyebabkan insomnia ialah :
  • Sering bekerja dimalam hari. Sehingga menyebabkan, pikiran kita mulai menjadi fokus untuk menyelesaikan pekerjaan dan akhirnya kita lupa untuk bersantai apabila jika kita bekerja sampai larut malam, sampai pekerjaan kita selesai. Hal ini sangatlah buruk sekali pada pola tidur kita dan jika kita telah terbiasa melakukan hal ini tentu saja insomnia pasti akan kita alami.
  • Jadwal tidur yang sangat buruk. Karena keasyikan bekerja, nonton sepak bola atau aktifitas pada malam hari yang lainnya terpaksa memaksa kita tidur larut malam lalu menebusnya dengan tidur sampai siang hari. Sebenarnya merupakan suatu pola tidur yang buruk dan berpotensi menimbulkan insomnia.
  • Sering Tidur Siang. Sebenarnya banyak sekali manfaat tidur siang, salah satunya membuat otak lebih fress kembali, menajamkan daya ingat. Namun sebagian orang lain banyak yang mengeluh bahwa jika mereka tidur siang cenderung akan sulit tidur pada malam harinya, mungkin disebabkan oleh siklus tidur yang kita miliki.
Setelah kita mengetahui berbagai macam penyebab insomnia, lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Cara mengatasi insomnia atau susah tidur

1.  Hilangkan depresi pada diri anda
     Jika anda beranjak tidur dengan pikiran yang dipenuhi dengan depresi tentu saja akan membuat kita menjadi insomnia dan susah tidur. Menurut penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan amerika serikat, sebanyak 35% kumpulan orang dewasa yang mengaku pernah mengalami depresi dan 15% lagi dialami oleh remaja dan anak-anak. Tuntutan hidup yang semakin amat tinggi, membuat ekpektasi orang disekitar, konflik antara negara, kekerasan seksual dan lain-lain merupakan penyebab depresi yang sering dialami oleh kebanyakan orang.

2. Ubah gaya hidup menjadi lebih baik
    Ubah gaya hidup anda yang tadinya buruk menjadi lebih baik. Jika anda tidak ingin terus-menerus mengalami susah tidur sangat di anjurkan sekali untuk merubah gaya hidup kita menjadi lebih baik lagi. Stop merokok, alkohol dan kurangi konsumsi kafein berlebihan untuk menghindari masalah insomnia. . Selain itu buatlah jadwal tidur yang teratur setiap harinya.

3. Hilangkanlah kecemasan pada diri kita
    Selain depresi, faktor psikologis lain yang sering menjadi masalah insomnia ini adalah adanya kecemasan pada diri kita ketika akan tidur. Faktor ini bermacam-macam sekali misalnya saja adalah merasa kewalahan dengan tanggung jawab berlebihan. Solusi agar tidur anda nyaman dan terhindar dari kecemasan adalah dengan selalu berfikir positif, tingkatkan rasa percaya diri kita. Yakinkan bahwa diri anda dapat melalui segala macam rintangan yang anda menghadang dimasa mendatang.

Tips Mengatasi Susah Tidur

1. Mendengarkan Musik
    Mendengarkan musik bisa saja menjadikan otak lebih tenang lagi, sehingga masalah depresi dan kecemasan dapat perlahan-lahan teralihkan. Jika kita insomnia cobalah pejamkan mata kita samsil mendengarkan musik, untuk pilihan jenis musik sebenarnya menyesuaikan kesukaan masing-masing, namun jenis musik yang cocok yaitu musik klasik atau irama yang sendu atau mendayu-dayu

2. Pilih posisi tidur senyaman mungkin
    Pilih Posisi tidur yang baik dapat juga mempengaruhi kualitas tidur kita, memang sih terlihat sepele namun sangat berkontribusi besar terhadap kualitas tidur kita, terkadang jika kita salah dalam posisi tidur membuat badan dan leher terasa pegal-pegal ketika bangun ke esokkan harinya, selain itu salah dalam posisi tidur dapat menyebabkan seseorang mengalami masalah ketindihan, sehingga ketika keesokkan harinya kita ingin tidur kembali, kita cenderung cemas dan takut untuk tidur, hal inilah yang kemudian menimbulkan rasa cemas dan insomnia.

3. Matikan lampu tidur
    Pencahayaan ruangan peting sekali terhadap aktifitas tidur kita dan mempercepat tidur seseorang. Orang yang tertidur dalam kondisi pencahayaan yang gelap cenderung lebih mudah untuk tidur terlelap, hal ini berbanding terbalik ketika anda tidur dalam ruangan yang pencahayaannya tinggi, maka cenderung membuat anda merasa lebih gerah, sumpek, dan serasa tidak nyaman untuk tidur sehingga masalah insomnia lebih mudah anda alami.

4. Minta temani tidur oleh orang lain
    Ini merupakan masalah serius bagi kita yang memiliki phobia atau ketakutan terhadap sesuatu tertentu, misalkan takut dengan kegelapan, takut dengan hantu ataupun takut dengan penjahat. Orang-orang yang memiliki phobia tersebut cenderung susah sekali untuk tidur karena merasakan kecemasan yang luar biasa, sebenarnya hal ini sudah kita bahas diatas, namun kecemasan akibat phobia yang berujung susah tidur sebenarnya dapat anda siasati dengan mudah yaitu dengan mengajak orang lain untuk tidur bersama anda, hal ini kemudian berdampak terhadap munculnya ketenangan dalam diri anda karena ada yang menemani.

5. Dekorasi kamar tidur anda menjadi lebih menarik
    Dekorasi kamar yang itu-itu saja selama bertahun-tahun tentu saja membuat kita merasa bosen jika berada dikamar tersebut. Sehingga apapun yang kita lakukan dikamar tersebut terasa membosankan sekali. Hal inilah yang kemudian berakibat buruk terhadap tidur anda. Biasanya hal ini sering dialami oleh anak-anak para remaja yang pada dasarnya sangat menyukai perubahan. 

Sekian tips-tips dari saya semoga bermanfaat bagi kita semua, saya ucapkan Terimakasih.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Tips Ampuh Mengatasi Susah Tidur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid Boot

0 komentar: