Xiaomi Perkenalkan "Pinecone" Bulan Februari ini

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Xiaomi Perkenalkan "Pinecone" Bulan Februari ini - Beberapa waktu yang lalu muncul banyak sekali rumor-rumor bahwa mengatakan tentang adanya processor baru dibuat oleh pabrikan asal Tionghoa yaitu Xiaomi sendiri dengan diberi nama Pinecone. Namun setelah beberapa waktu lalu, rumor itu mulai menemui jawaban karena Processor miliki Xiaomi itu akhirnya akan rilis pada tanggal 28 Februari 2017 di acara resmi nanti.


Banyaknya rumor mengenai smartphone teranyar mereka yang diberi nama Xiaomi Mi 5c. Bersamaan dengan kabar tersebut, ternyata pihak Xiaomi masih menyimpan rahasia dibalik ponsel terbaru mereka yaitu Xiaomi Mi 5c yang memakai processor buatan pihak Xiaomi itu sendiri yang diberi nama Pinecone. Peluncuran Xiaomi Mi 5c ini bulan Februari ini. Memang pihak Xiaomi sudah sejak tahun 2016 lalu dirumorkan akan membuat processor miliknya sendiri. Dan sekarang kabar itu memang menjadi bukan sebatas rumor lagi.

Xiaomi akan segera menyusul para pesaing mereka seperti Samsung, Apple, dan juga Huawei, untuk membuat processor sendiri. Pabrikan asal Tionghoa ini sepertinya ingin mengurangi ketergantungannya pada manufaktur chipset, seperti Mediatek dan Qualcomm Snapdragon.

Adanya kabar dari peluncuran processor ini diketahui setelah Xiaomi menyebarkan undangan melalui pihak media sosial Weibo yang bertuliskan tanggal perihal perilisan processor Pinecone yang diadakan di Beijing National Convention Centre. Gambar poster undangan tersebut yang disebar oleh pihak Weibo ini berasal dari pihak pabrikan asal Tionghoa sendiri. Tetapi sayangnya Xiaomi masih merahasiakan smartphone yang akan pertama kali menggunakan processor Pinecone, tetapi menurut admin kalo memang benar xiaomi kemungkinan besar yang menggunakan processor pertamanya ini adalah Xiaomi Mi 5c.

Nantinya ponsel ini akan menggunakan processor Pinecone tipe V670 Octa-Core dengan proses manufaktur 28nm, yang akan disandingkan dengan pengolah grafis Mali-T860 MP4. Chipset Pinecone ini akan mengusung CPU Cortex-A53 dalam arsitektur delapan inti (Octa-Core) atau dapat disebutkan sebagai pesaing berat dari Qualcomm Snapdragon 808.
Sebelumnya memang Xiaomi atau pabrikan asal Tionghoa ini selalu bergantung dengan processor Mediatek dan Qualcomm. Namun apabila melihat eksistensi dari Xiaomi di pasar yang terus berkembang maka bisa jadi penggunaan processor buatan sendiri ini akan berdampak positif pada bisnis semikonduktornya sendiri. Bukan hanya itu, ponsel asal Tionghoa ini akan menjadi jauh lebih baik antara hardware maupun software smartphone yang menjadikannya ia sebagai produsen berbeda dibandingkan pabrikan asal Tionghoa lainnya.

Dilansir oleh pihak Xiaomi sendiri akan merilis dua versi processor Pinecone yaitu model V670 dan model V970. Hal ini menjadikan Xiaomi lebih flexible lagi dalam memilih dapur pacu bagi performa smartphone milik mereka. Model V970 akan lebih high-end dikabarkan baru datang saat kuartal empat tahun 2017. Chipset ini membekali dirinya dengan CPU Octa-Core dengan satu CPU Cortek-A73 dan satu CPU Cortex-A53 yang masing-masing memiliki empat core. Selain itu CPU pada processor ini memiliki clock speed hingga 2.0GHz dengan kecepatan maksimum hingga 2.7GHz. Selain itu, model processor V970 ini dibekali dengan GPU yang lebih kompleks yaitu Mali G71 MP12 dengan clock speed 900MHz serta setara dengan proses manufaktur untuk Qualcomm Snapdragon 835 yakni 10nm.

Sebuah perusahaan Beijing Pinecone Electronics yang dikendalikan oleh pihak Xiaomi menandatangani perjanjian desainer chip asal China tersebut.Leadcore Technology Ltd, merancang chip 4G chip dengan multiple mode.

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan para penggemar Xiaomi ini. Sekian dan Terimakasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Xiaomi Perkenalkan "Pinecone" Bulan Februari ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid Boot

0 komentar: