Xiaomi Resmi Memperkenalkan Redmi 4A yang Penuhi TKDN

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Xiaomi melalui siaran langsung kemarin pada tanggal 10 februari 2017 melakukan perilisan suatu smartphone yang akan dipasarkan di Indonesia yaitu seri Xiaomi Redmi 4A dan Xiaomi Redmi 3S Prime. Yang sebelumnya xiaomi merilis garansi resmi yaitu Xiaomi Redmi Note 3 Pro varian 2/16GB dan Xiaomi Redmi 3 Prime varian 3/32GB.
Kali ini xiaomi akan memenuhi TKDN Indonesia dengan membuatnya di Indonesia sebagai mana hastag yang menjadi tranding topic kemarin yaitu #kaMIbuatanIndonesia. Xiaomi kemarin dalam bincang-bincangnya merilis Redmi 4A yang dijual sekitar 1.6juta dipasaran indonesia dengan garansi secara Resmi (Bukan Distriloh). Menurut admin sendiri Xiaomi Redmi 4A lumayan murah dengan spesifikasi yang lumayan.

Xiaomi Redmi 4A ini akan diproduksi oleh PT Sat Nusapersada di daerah Batam, Kepulauan Riau. Ponsel 4G yang pertama Xiaomi di Indonesia ini dijual dengan harga Rp. 1.499.000 dan akan didistribusikan oleh mitra Xiaomi yaitu PT Erajaya Tbk (TAM)
Senior Vice President Xiaomi yang bernama, Wang Xiang dalam acara bertanjuk "kaMI Buatan Indonesia" yang diselenggarakan di Jakarta pada jumat (10/02/2017) kemarin mengatakan, Xiaomi berusaha untuk melakukan yang terbaik bagi semua orang di Indonesia agar merasakan produk terkini namun dengan harga yang pas di kantong.

Selama ini, aturan itulah yang menghadang Xiaomi merilis lini smartphone-nya di Tanah Air secara resmi. Meski demikian untuk Redmi 4A, Xiaomi baru memenuhi aturan TKDN lama, yakni sebesar 20%. Padahal, per 1 Januari 2017, pemerintah telah menetapkan aturan TKDN 30%.

"Kami memasukkan Redmi 4A akhir 2016, jadi masih mengikuti ketentuan tahun lalu," Kata Country Head of Xiaomi Indonesia, Steven Shi Yan, pada sesi wawancara dengan KompasTekno, pada hari jumat (10/02/2017) di sebuah Hotel di daerah Jakarta.

Hal ini dibenarkan oleh Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan. Putu mengatakan saat ini belum ada ponsel yang sudah memenuhi TKDN sebesar 30 %.

"Xiaomi kan sudah dimasukkan sejak akhir 2016, jadi tidak masalah," tutur kata Putu pada kesempatan yang sama. Diketahui, pada 2016 lalu pemerintah memang baru saja menetapkan 20% TKDN. Persentase itu lantas menjadi naik 30% pada awal tahun ini.

Dalam hal ini, smartphone Xiaomi tiap bulan akan memproduksi atau menghasilkan sebanyak 1 juta unit smartphone Xiaomi Redmi 4A ini.

"Kedepannya kami akan lebih banyak berinvestasi pada pengembangan teknologi dan tenaga kerja atau engineer di Indonesia," kata Senior Vice President Xiaomi, Wang Xiang


Untuk Redmi 4A dipilih pasar indonesia lantas, seperti apa spesifikasi smartphone bergaransi resmi Indonesia ini?

Xiaomi Redmi 4A memiliki ukuran IPS 5inch beresolusi 720p, bodinya berbalut logam dan mengusung chipset Qualcomm Snapdragon 425 yang terdiri atas processor Quad-Core Cortex A53 1.4GHz, serta memiliki GPU Adreno 308. Xiaomi Redmi 4A ini dengan harga 1,499juta cukup terjangkau dengan spek yang memiliki RAM 2GB dan Internal 16GB dan kapasitas penyimpanannya pun hingga 256GB. Xiaomi Redmi 4A ini lebih nyaman dioperasikan karena hanya memiliki berat 131.5gram saja dan dimensi 139.5 x 70.4 x 8.5 mm. Dengan layar yang digunakannya sudah berukuran 5inchi HD dan pastinya sudah terlindungi Corning Gorilla Glass. Xiaomi Redmi 4A hadir dengan paduan warna gold dan rose gold. Ponsel ini juga bakal dibekali tampilan menu miliki Xiaomi yaitu, MIUI generasi ke 8 (MIUI 8)

Wang Xiang mengatakan dengan penampilan menggunakan pakaian budaya Indonesia yaitu Batik "Pada MIUI ini, ada fitur dual apps, yang memungkinkan pengguna punya satu aplikasi dengan dua akun yang berbeda. Misalkan BBM, dalam satu ponsel bisa ada 2 akun BBM yang berbeda, satu untuk kebutuhan kerja dan satu lagi untuk urusan pribadi,"

Tidak ada sensor pemindai sidik jari di ponsel ini, mengingat ponsel tersebut adalah varian termurah yang menggantikan Xiaomi Redmi 2 Prime lalu yang menjadi varian termurah sebelumnya. Soal kamera, Xiaomi dibekali dengan kamera utama sebesar 13MP dan kamera depan sebesar 5MP. Semuanya menggunakan daya dari baterai berkapasitas 3.120mAh.

Xiaomi Redmi 4A ini akan dijual di pasaran indonesia pada akhir bulan Februari ini dibanderol dengan harga 1.499juta saja. Dengan Spesifikasi :
  • Layar : 5inchi (~70.2% screen to body ratio)
  • Resolusi : 720 x 1280 pixel (~294ppi pixel density)
  • Sistem : MIUI 8
  • CPU : Qualcomm Snapdragon MSM8917 425, Quad-Core 1.4GHz Cortex-A53
  • Adreno 308
  • RAM dan Internal : 2GB dan 16GB
  • Micro SD Up to : 256GB (Hybrid SIM)
  • Kamera Belakang : 13MP, f/2.2, autofocus, LED flash, Geo-tagging, touchfocus, smile detectio, HDR dan panorama
  • Video : 1080p@30fps
  • Kamera Depan : 5MP, f/2.2
  • Android 6.0.1 Lollipop
  • Baterai : 3120mAh non-removable
  • Warna : Gold (Emas) dan RoseGold (Pink)
  • Harga : 1.499juta saja
Baca juga :
Demikianlah sekilas info mengenai Xiaomi Redmi 4A yang baru ini rilis di Indonesia. Tunggu info-info selanjutnya tentang smartphone terbaru-terbaru sudah resmi dan menjadi penasaran bagaimana fitur-fitur terbarunya. Semoga bisa bermanfaat bagi anda yang mencari recommended Hp yang akan anda beli, Terimakasih

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. 

Xiaomi Resmi Memperkenalkan Redmi 4A yang Penuhi TKDN Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid Boot