Bahaya, Rokok Elektrik Dapat Menyebabkan....

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Rokok Elektrik - Selamat datang. Kali ini saya akan membahas artikel tentang apakah rokok elektrik itu berbahaya ? Mungkin anda bertanya-tanya rokok elektrik itu lebih baik daripada rokok yang memakai tembakau ataupun yang ada nikotin. Ternyata rokok elektrik ini lebih berbahaya lagi ketimbang rokok biasanya yang dijual di warung-warung terdekat rumah-rumah kalian.

Sebelum saya menjelaskan panjang lebar tentang Artikel saya akan menjelaskan dahulu apa itu Rokok Elektrik yang sebelumnya anda belum ketahui.


Penjelasan Rokok Elektrik adalah ?
Rokok Elektronik yang bisa disebut (Elecronic Nicotine Delivery Systems atau e-Cigarette) adalah sebuah inovasi dari bentuk rokok konvensional menjadi rokok modern. Namun tidak membakar tembakau, seperti produk rokok konvensional yang biasanya dijual oleh warung-warung kecil di daerah anda.

Banyak orang-orang mengidap chronic obstructive pulmonary disease (COPD) menjadi penasaran akan pro dan kontra rokok elektrik dan apakah alat itu bisa membantu mereka yang ingin berhenti merokok. Cukup banyak orang meyakini bahwa rokok elektrik akan membantu mereka berhenti merokok.

Beberapa lainnya lebih skeptis. Sejauh ini masih belum bisa dipastikan secara medis bahwa rokok elektrik akan membantu seseorang berhenti merokok. Bahkan, Asosiasi Paru-Paru Amerika Serikat (APPAS) tidak mendukung penggunaan rokok elektrik untuk upaya berhenti merokok.

Apa Itu Rokok Elektrik ?
Rokok elektrik merupakan alat bertenaga baterai dengan nikotin cair (bahan kimia adiktif) berbentuk cairan dan propylene glycol. Banyak rokok elektrik terlihat seperti rokok sungguhan. Rokok ini juga mengeluarkan asap yang lumayan ketimbang rokok seperti umumnya. Karena menggunakan baterai dan nikotin cair rokok ini lumayan berbahaya jika meledak di mulut kita. Secara baterai bisa saja melembung dan bisa saja terjadi ledakan yang cukup hebat dan membuat mulut kita terbakar karena ledakan tadi.

Bagaimana Cara Kerja Rokok Elektrik itu?
Saat anda menghisap rokok elektrik, otomatis baterai akan memanaskan nikotin yang cair tadi. Aktivitas ini menciptakan asap yang dihirup ke paru-paru. Hasil akhirnya adalah sensasi asap di dalam mulut dan paru-paru tanpa merokok. Asap nya juga yang dikeluarkan juga cukup banyak. So, tergantung dari kita masing-masing rokok elektrik itu berbahaya atau tidak

Beberapa studi terkini menyatakan aspek positif rokok elektrik:

Dalam studi 40 perokok tembakau, peneliti menyimpulkan bahwa pengguna rokok elektrik mengurangi keinginan merokok. Rokok elektrik dapat ditoleransi oleh dunia farmasi seperti inhaler ketimbang tembakau.

Studi lainnya kepada 50 perokok tembakau yang ingin mengurangi resiko kesehatan terkait merokok tanpa berhenti total menyimpulkan bahwa rokok elektrik merek Eclipse secara dramatis mengurangi konsumsi rokok tanpa menimbulkan efek samping berhenti merokok. Saat pengguna Eclipse menghirup nikotin, kosentrasi nikotin dalam darah mereka tetap stabil dan hasrat berhenti merokok tetap ada.

Namun studi itu juga mengungkap bahwa Eclipse meningkatkan karbon monoksida dalam darah sehingga itu mungkin tidak sepenuhnya aman. Dalam rangkaian studi lainnya, rokok elektrik diyakini membantu proses berhenti merokok menggunakan metode berhenti merokok yang diterapkan terapis professional. Melalui survey online kepada 3587 orang pada forum khusus rokok elektrik, rata-rata menggunakan rokok elektrik selama 3 bulan, menghisap 120 kali per hari dan 5 isi nikotin (cartridge) per hari. Semuanya menggunakan cartridge mengandung nikotin. 96% mengatakan bahwa rokok elektrik membantu mereka berhenti merokok. Mayoritas setuju jika rokok elektrik membantu mengatasi efek samping dari berhenti merokok.

Pendapat Penentang Rokok Elektrik
Seorang konsumen cerdas tentu memantau semua opini baik positif dan negative, sebelum akhirnya membeli.

Beberapa opini menentang rokok elektrik antara lain :
Riset berjudul Tobacco Control mengungkap bahwa rokok elektrik tidak memiliki pengaturan yang jelas seperti peringatan kesehatan, label produk, dan instruksi jelas cara penggunaan dan pemusnahannya. Pelaku riset juga menemukan kebocoran cartridge nikotin yang dapat menyebabkan munculnya racun nikotin.

Jadi anda sudah tahu penjelasan tentang Rokok Elektrik kan ? Diatas sudah saya berikan penjelasan dengan lengkap dan mudah diserap, marilah anda mengurangi pemakaian rokok, agar Tubuh anda tetap Vit dan Fisik anda tetap kuat.
So, orang-orang yang bilang rokok elektrik itu tidak berbahaya itu adalah salah besar. Karena rokok biasa dengan rokok elektrik itu dapat menimbulkan kematian, jika rokok biasa menimbulkan kematian lewat organ paru-paru karena sering membakar rokok dan menghirup asap rokoknya. Rokok elektrik pun dapat menimbulkan kematian karena bisa saja baterai meledak tanpa anda sadari, jika sudah meledak ya apa boleh buat bisa jadi mulut kita terbakar dan bisa jadi menimbulkan kematian, sudah banyak yang mengalami kejadian ini dari Benua Eropa, sampai ke Asia pun ada yang mengalami kerusakan pada bagian mulut dan sampai-sampai kematianpun bisa jadi. So, pilihlah yang aman-aman saja hindari merokok dan hiduplah lebih sehat karena sehat itu akan membuat jangka panjangnya lebih bagus.

Sekian artikel pembahasan tentang bahayanya rokok elektrik ini, semoga bisa jadi referensi bagi anda yang perokok aktif maupun pasiv, saran saya jauhi saja yang namanya rokok dan mulailah hidup sehat. Terimakasih

Wassalamaualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Bahaya, Rokok Elektrik Dapat Menyebabkan.... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid Boot

0 komentar: