Tips Mengatur Gaji 1 Juta / Bulan, dan Hasilnya....

Dari judulnya saja " Tips Mengatur Gaji 1 Juta / Bulan, dan Hasilnya.... " mungkin terlihat sulit.

Pada awal meniti karir, anda begitu senang mendapat pekerjaan dan menerima gaji perdana. Rencana setelah gaji masuk ke rekening pun sudah disusun. Seperti membeli handphone baru, membeli perhiasan untuk ibu, sampai baju maupun tas baru untuk diri sendiri. Apa daya setelah dibelanjakan, hasilnya anda gagal mengatur gaji 1 juta per bulan yang anda dapat dari jeripayah selama satu bulan penuh dan harus mengakrabkan diri dengan mie instan sampai waktu gajian bulan depan tiba. Begitulah kira-kira simulasi keuangan pegawai baru dalam mengelola gaji 1 juta per bulan dalam meniti karir pertama. Bagi kebanyakan orang, gaji dengan nominal segitu mungkin tidak realistis dan tak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun pada kenyataannya, masih ada sejumlah orang yang sukses mengatur gaji 1 juta per bulan padahal mereka berdomisili di daerah perkotaan yang notabenya berbiaya hidup tinggi. Berpendapatan di kisaran angka satu juta apabila disikapi dengan pintar dan bijak dalam mengaturnya, maka gaji sejumlah itu cukup-cukup saja. Meski standar UMR di wilayah anda masih lebih besar dibanding  gaji anda, jangan berkecil hati. Anda juga perlu mulai menata masa depan dimulai dari awal karir. Jangan sampai gaji anda dalam sebulan langsung habis tanpa sisa. Oleh sebab itu anda perlu berhemat dan menekan pengeluaran-pengeluaran pada pos-pos tertentu. Langsung saja kita bahas bagaimana caranya menghematnya dan mendapatkan hasil yang memuaskan?

Mengatur Gaji 1 Juta Tiap Bulan :

1. Selalu Berlangganan Paket Internet Pada Awal Bulan

Apabila Bergaji tidak terlalu tinggi, mau tidak mau anda harus menyesuaikan. Berapa ya kocek bulanan anda untuk pulsa? Bila jumlahnya dalam satu bulan masih lebih dari seratus ribu, perlu anda perkecil menjadi paling banyak Rp 100.000. Supaya anda mampu mengelola gaji 1 juta tiap bulan, dimulai dari paket internet. Pilihlah  paket internet  bulanan maksimal Rp.60.000. Dengan pulsa sebesar itu, anda sudah bisa menggantikan fungsi SMS dengan aplikasi Line, BBM, Whatsapp, dan aplikasi-aplikasi lainnya. Ingin menelepon? Ketiga aplikasi yang diatas bahkan sudah memiliki fitur layanan telepon lewat paket data internet. Untuk itu, anda tidak akan dikenai biaya tambahan lagi jika ingin teman, sahabat, atau pacar. Meskipun anda sudah berlangganan paket internet, demi mengatur gaji 1 juta tiap bulan  anda, selalu manfaatkan fasilitas WiFi yang umumnya terdapat pada kantor atau tempat umum secara gratis agar paket data anda tidak habis sebelum waktunya. Dengan sisa kuota pulsa sebesar Rp 40.000 anda dapat simpan untuk keperluan mendesak atau darurat. Misalnya anda harus menghubungi ayah atau ibu yang masih awam tentang teknologi. Pulsa cadangan ini juga bisa digunakan menelpon klien kantor yang baru dikenal di luar kantor anda. Ketika sinyal internet bermasalah anda juga bisa menggunakan pulsa darurat ini, karena tidak semua area tercover dengan sinyal internet operator anda. Pada saat itulah pulsa cadangan memerankan fungsinya. Bila dijumlahkan paket internet Rp 60.000 pulsa telpon Rp 40.000 maksimal dalam sebulan untuk keperluan komunikasi adalah Rp 100.000, ini adalah salah satu cara agar rencana mengelola gaji 1 juta tiap bulan anda lancar.

2. Atur gaji anda dengan Makan Dengan Gizi dan Nutrisi Seimbang Tetap Menjadi Tujuan

Zaman sekarang dengan berkembangnya media sosial dengan segala yang dipamerkan didalamnya membuat anda sulit mengatur gaji 1 juta per bulan. Mungkin anda akan tergoda pada gaya hidup teman-teman anda di facebook dan beragam promosi makanan yang beragam di instagram. Untuk itu jangan terpancing dengan hiruk pikuk glamornya. Tetap pada tujuan awal anda untuk mengatur gaji 1 juta per bulan. Dalam hal makanan dan minuman, anda tidak hanya harus pintar-pintar memilih makanan yang enak dan sehat namun harganya juga harus terjangkau. Berusahalah untuk tidak menghabiskan penghasilan bulanan anda hanya untuk sekedar memanjakan lidah. Siapa sih yang tidak suka makanan dan minuman yang ala restoran berbintang, tapi jangan termakan rayuan upload foto teman-teman anda yang sedang nongkrong di resto. Tidak perlu bergaya "wah", makan di warung makan sederhana namun terjamin kebersihan dan kesehatannya itu lebih baik. Pilih saja warung kecil yang terjaga kebersihannya dan menyediakan sayur dan buah, pilihan lauknya pun beragam. Dijamin sehat! Ingat selalu 4 sehat 5 sempurna setiap kali anda akan makan. Minimal ada nasi, sayur, dan lauk pauk dalam menu anda. Boleh saja nongkrong, tetapi berusahalah mengatur belanja anda untuk menghindari pemborosan.

3. Bila Anda Tidak Kuat “iman” Dalam Berbelanja, Sebaiknya Lupakan Saja Niat Mendaftar Kartu Kredit

Bukan hanya mengurangi pemakaian kartu Debit agar bisa mengelola gaji 1 juta tiap bulan anda,tolaklah penawaran kartu kredit. Tidak dapat dipungkiri jika kartu kredit menawarkan aneka diskon menarik di merchant-merchant dan outlet yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu. Anda pun merasa seolah-olah hemat karena penawaran diskon menariknya. Tetapi anda perlu teliti juga, berapa besaran bunga yang dibebankan oleh bank penerbit untuk setiap transaksi anda? Bisa-bisa niat anda mengatur gaji 1 juta per bulan jadi berantakan. Jika anda tidak mendapatkan potongan harga, akankah harganya tetap sama dengan tagihan bulanan pada kartu kredit anda? Anda perlu juga mempelajari lebih dahulu dari teman-teman yang pernah menggunakan kartu kredit. Bagaimana cara bijak mereka dalam menggunakannya dan menyesesuaikan dengan kebutuhan. Soalnya banyak juga kasus yang berakhir dengan jatuh bangkrut karena tidak lagi mampu melunasi tagihan kartu kredit yang semakin lama, semakin membengkak. Para pengguna kartu kredit pun diwajibkan untuk membayar tagihan tepat waktu. Semua bank sudah memiliki catatan atas transaksi kartu kredit anda. Catatan ini ternyata berpengaruh juga jika suatu saat anda mendaftar KPR (Kredit Perumahan Rakyat). Bila catatan anda dianggap macet, KPR yang anda ajukan bisa saja ditolak. Jika diteliti lebih jauh, kartu kredit lebih banyak merugikan daripada menguntunkan. Karena sebenarnya tanpa anda memiliki uang pun anda tetap bisa memiliki kartu kredit kemudian membelanjakannya. Setelah itu barulah setiap bulan  tagihan dari Bank akan datang  plus bunga harian yang jumlahnya semakin menggelembung.

4. Buatlah Target Beberapa Persen Untuk Disisakan  Dari Gaji Anda. Tabungkan Uang Itu Dalam Rekening Terpisah Agar Tidak Diutak-atik

Buatlah 2 rekening tabungan agar mempermudah dalam mengatur pengeluaran. Anda juga harus menetapkan berapa banyak rencana uang yang akan anda simpan dan uang yang anda anggarkan dalam memenuhi segala kebutuhan untuk jangka waktu satu bulan. Tetapkan komitmen pribadi agar dalam sebulan anda tidak boleh menghabiskan lebih dari 30% s/d 50% gaji dalam mengatur gaji 1 juta per bulan anda. Besaran nominalnya bisa anda atur sendiri disesuaikan besaran pendapatan anda dalam sebulan.

Simulasi tabungan :

Misal gaji anda 1 bulan : Rp 1.300.000
Untuk tabungan bulanan : 30% x Rp 1.300.000 = Rp 390.000
Jumlah 1 tahun tabungan : 12 x Rp 390.000 = Rp 4.680.000
atau
Misal gaji anda 1 bulan : Rp 2.000.000
Untuk tabungan bulanan : 50 % x Rp 2.000.000 = Rp 1.000.000
Jumlah 1 tahun tabungan : 12 x Rp 1.000.000 = Rp 12.000.000

Percayalah! Jika anda tidak memiliki target sejak dini untuk mengelola gaji 1 juta per bulan, maka anda nantinya akan sangat sulit untuk membuat tabungan tersisa dengan saldo minimal 6 digit. Oleh sebab itu, lakukan segera survei bank yang menurut penilaian anda memiliki banyak keuntungan namun minim biaya administrasi. Hindari bertransaksi menggunakan mesin ATM lain atau mesin ATM yang tidak bejerjasama dengan bank anda karena akan dikenakan biaya administrasi tambahan. Segeralah mendaftar pada bank tersebut dan mulai rutin untuk mengisinya sesegera mungkin setelah anda mendapat gaji. Dengan demikian, otomatis gaji yang anda pegang ditangan akan berkurang, kemudian anda akan berpikir dua kali jika ingin membeli hal-hal yang dirasa tidak diperlukan.

7. Daripada Beli Jajanan Diluar, Lebih Baik Belajar Untuk Membuat Jajanan Sendiri

Jangan pernah meremehkan masalah yang satu ini. Sadar atau tidak, dalam praktek mengatur gaji 1 juta setiap bulan. Nyatanya uang anda justru habis karena jajan. Disamping jajan berpotensi membuat badanmu tak lagi ideal. Jika memang lagi ingin camilan, coba saja beli buah-buahan kemudian potong kecil untuk kudapan. Cobalah belajar buat jajanan sendiri, hal ini malah lebih bagus. Buka resep untuk membuat camilan sehat yang banyak terdapat dalam majalah atau internet. Selain lebih hemat karena buatan sendiri, pastinya jajanan yang anda buat lebih terjamin kebersihannya. Anda dapat mengelola gaji dengan baik sekaligus tercapai keinginan anda untuk ngemil.

9. Baju Tidak Melulu Harus banyak-banyak dan bermerek. Semakin anda punya banyak baju dan bermerek, semakin banyak uang yang harus anda keluarkan untuk perawatannya.

Percuma saja bila anda membeli banyak-banyak baju dan bermerek bila anda tidak sanggup merawatnya. Tahukah anda bila artis-artis layar kaca yang anda lihat  memiliki cara tersendiri untuk koleksi bajunya. Mungkin mereka memakai laundry yang kelasnya beda dengan anda. Bisa-bisa bajumu cepat rusak, kusam dan bernoda bila laudry disembarang tempat. Dalam berpakaian hendaknya singkirkan gengsi. Yang penting adalah berpakaian secara layak dan sopan, juga disesuaikan dengan situasi. Bila belum ada keperluan mendadak atau diharuskan bertemu orang penting, maka jangan buru-buru membeli busana yang kesannya mewah dan anggun. Dengan kesungguhan dan rencana hidup untuk mengelola gaji 1 juta tiap bulan, pastinya tujuan anda sudah dapat tercapai. Gaji yang anda terima setiap bulan tidak lagi terasa sedikit. Hal terpenting dari semua diatas ialah singkirkan gengsi dan hindari mengikuti gaya hidup yang tidak perlu. Lebih baik mulai simpan uang anda untuk mencicil rumah untuk keluargamu kelak.

Selamat mencoba dan sukses dalam

"Mengatur Gaji 1 juta Tiap Bulan Anda "

Baca Juga :

Tips Mengatur Gaji 1 Juta / Bulan, dan Hasilnya.... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid Boot

0 komentar: