Cara Mudah Flash dan Solusi Bootloop Xiaomi Redmi 4x via SDCard

Cara Mudah Flash dan Solusi Bootloop Xiaomi Redmi 4x via SDCard - Assalamualaikum wr wb. Selamat datang kembali di coffedroid.com, kali ini saya akan membahas bagaimana cara flash smartphone Xioami yaitu Xiaomi Redmi 4X tanpa PC atau menggunakan Memory card saja. Silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut dengan benar karena jika salah bisa saja smartphone anda bootloop hehehe... Sedikit penjelasan dari saya tentang apa itu ROM Global dan ROM China, penjelasannya dibawah :

ROM GLOBAL
Berbeda dengan ROM China yang tidak menyertakan GAPPS dalam ROM nya, ROM Global ini datang dengan menyertakan hampir semua Gapps, antara lain PlayStore, Youtube, Google Music dan lainlainnya.
Seperti namanya, yaitu Global, ROM ini diperuntukkan buat kalian yang memang tinggal diluar Tiongkok, China, atau di seluruh dunia, sehingga disertakan pula GAPPS ini, agar memudahkan kita dalam penyesuaian dan penginstallan aplikasi-aplikasi lain.
ROM Global ini juga biasanya menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa defaultnya, serta biasanya menyertakan bahasa-bahasa lain, seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Rusia pula. Berbeda dengan ROM China yang biasanya hanya menyertakan dua bahasa saja, seperti English & Chinese.
ROM Global ini biasanya juga lebih ringkas, karena tidak adanya bloatware aplikasi China. Tetapi ROM Global ini juga mempunyai kekurangan, antara lain seperti pilihan tema yang terbatas (tidak sebanyak ROM China), fitur Music & Video yang hanya bisa offline, serta update yang biasanya datang lebih lambat dari ROM China.

Baca Juga : Cara Tutorial Install TWRP Xiaomi Redmi 4X
                   Cara Install Xposed Xiaomi Redmi 4x
                   Cara Root Xiaomi Redmi 4x

Rom China
Rom China adalah Rom Official dari Xiaomi tersebut. Ada kekurangan Rom ini yaitu keterbatasan Bahasa yang hanya menyediakan Bahasa Inggris dan China.
Ada juga yang lain yaitu Banyaknya aplikasi bawaan China ( bisa di Uninstal ) dan Browser yang di pakai di Rom itu juga berbahasa China walaupun sudah di setting bahasa Rom nya ke Bahasa Inggris.
Dan Rom ini juga tidak ada Aplikasi Google, baik itu Play Store, Chrome, Google Play Game dan yang lainnya. Jadi sobat harus menginstal secara manual melalui aplikasi Google installer.
  • Rom China Stable : ROM Resmi di buat oleh pengembang MIUI resmi, Sangat di rekomendasikan untuk memakai rom ini karena minim bugs, tidak ada bloatware dan pada umumnya akan update antara 2 minggu sampai 1 bulan atau bisa lebih.
  • Rom China  Developer :  ROM yang di kembangkan juga oleh developer resmi MIUI, Jika kamu menginginkan rom dengan fitur fitur terbaru karena ROM ini sangat rutin update nya bisa 1 minggu sekali, kamu bisa dapat versi rom yang sangat bagus dan jika ada update lagi bisa dapat rom yang ada bug nya, ya pasti ada kelebihan dan kekurangan.
Bahan:
1. ROM Global Stable & Global Dev
2. ROM China Stable & China Dev 
3. Google Installer 

Langkah:
1. Pertama anda download ROM yang saya sudah sediakan linknya diatas.
2. Jika sudah selesai pindahkan ke memory internal di perangkat xiaomi anda, pindahkan Firmware tadi ke folder Internal Storage/downloaded_rom
3. Lalu selanjutnya anda buka saja pengaturan atau setting > About Phone > Tekan System Update
4. Ada satu cara lagi, di menu anda pilih saja Pembaharuan atau Update. Klik tombol titik 3 dikanan atas > Pilih > Choose update package > Masuk ke folder downloaded_rom tadi dan pilih firmware yang akan anda flash sebelumnya anda simpan di memory internal tadi
5. Tunggu beberapa saat sampai perangkat otomatis reboot dan tunggu beberapa menit saat perangkat masih menginstall firmware anda tadi.
6. Jika sudah selesai maka smartphone anda akan booting ke home menu. Selesai sudah gampang bukan cara ini ? tidak terlalu sulit seperti flashing dengan menggunakan PC ataupun Laptop bukan?

Jika masih stuck di logo atau bootloop silahkan ikuti langkah berikut Cara Flash Redmi 4x via Fastboot

Note:
Usahakan format file berbentuk .zip. Selagi proses booting akan membutuhkan waktu cukup lama dan jangan terlalu buru-buru menekan tombol power lebih cepat akan mengakibatkan smartphone anda menjadi bootloop. 

Sekian tutorial cara flash smartphone xiaomi redmi 4x via updater atau via ota ini semoga ini membantu anda, jika ada pertanyaan komentar dibawah. Semoga berhasil dan selamat mencoba happy flashing. Terimakasih Wassalamualaikum wr wb. 

Cara Mudah Flash dan Solusi Bootloop Xiaomi Redmi 4x via SDCard Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Droid Boot

0 komentar: